Sirkuit MXGP 2019 Dipindahkan, Akibat Lahan JSC Masih Labil

KORDANEWS — Sirkuit Motocross Grandprix (MXGP) 2019 terpaksa harus dilakukan pemindahan lokasi, dikarenakan kondisis lahan yang awalnya akan dipakai di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang ternyata masih labil.

 

Pemidahan sirkuit yang dilakukan panitia pusat pelaksanaan MXGP ini akan ipindahkan ke depan Hotel Wyndham Opi Mall, Palembang atau di Jalan Gubernur H A Bastari, Palembang.

 

“Lahan di Jakabaring ini masih labil dan diperkirakan akan memakan biaya yang besar dan waktu lebih lama sehingga harus dipindahkan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Nasrun Umar saat ditemui di Pemprov Sumsel, Selasa (11/6).

 

Untuk luasan lahan yang digunakan untuk pembangunan sirkuit ini mencapai 5 hektare. Luasan lahan tersebut memang lebih kecil dibandingkan lahan yang berada di kawasan JSC Palembang. Meskipun begitu, lahan tersebut dinilai cukup untuk membangun sebuah sirkuit MXGP.

 

Nantinya sirkuit ini bersifat temporary atau sementara. Namun, pihaknya akan melihat potensi ke depan. Dirinya tetap berharap sirkuit ini akan dipermanenkan di kawasan JSC Palembang sebagai tempat pusat olahraga di Sumsel.

 

“Untuk desainnya itu tidak ada perubahan dan kami menargetkan mampu diselesaikan pada 1 Juli mendatang,” ujar dia.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel, Ahmad Yusuf Wibowo menambahkan, pemindahan ini dilakukan saat awal pengerjaan, yang mana saat alat berat atau bulldozer didatangkan ke lokasi ternyata mengalami penurunan akibat kondisi lahan yang labil.
Karena itu, pihaknya terpaksa memindahkan lokasi sirkuit ke tempat yang baru agar pengerjaan dapat cepat dilakukan dan diselesaikan.

 

Saat ini, pengerjaan sirkuit di lokasi yang baru telah dilakukan sejak seminggu yang lalu dengan mendatangkan tim ahli dari Rusia dan Yunani sebanyak empat orang.

Baca Juga :   Dodi Proklamirkan Program Kuliah Gratis Bagi Warga Muba

 

“Untuk desainnya tidak ada perubahan dengan panjang 1,6 kilometer dan beberapa rintangan seperti Superjump dan Superball,” tuturnya. (Ab)

 

Editor : Jhonny

 

MXGP sirkuit pindah sumsel

Related Post

Leave a reply

Loading...