Mungkinkah Masa-Masa Kejayaan Barcelona Sudah Berakhir?

KORDANEWS -Barcelona belum benar-benar mencapai level terbaik mereka sejak awal musim. Tim asuhan Ernesto Valverde itu tampak tersesat, kehilangan identitas yang biasanya. Alhasil, situasi sulit itu menuntun pada satu pertanyaan besar: mungkinkah masa-masa kejayaan Barcelona sudah berakhir?

Untuk menjawab pertanyaan itu, Jose Edmilson berkaca pada pengalamannya. Dia pernah membela Barcelona selama beberapa musim, berbagi ruang ganti dengan pemain-pemain top seperti Deco, Ronaldinho, Eto’o, Marquez, dan Giuly.

Saat itu Barcelona berjaya di bawah Frank Rijkaard, menjuarai Liga Champions. Namun, pada tahun terakhir Rijkaard, Barcelona memasuki masa-masa turbulensi.

Bermasalah Sejak Awal
Tanda-tanda kesulitan Barca sudah dimulai sejak awal musim, Edmilson yakin masih belum ada permainan Barca yang benar-benar memuaskan. Performa mereka jauh di bawah standar, bahkan terkadang tidak jelas.

“Sejak awal musim, Barcelona kesulitan menemukan cara bermain yang mereka inginkan, mungkin karena pramusim yang terlalu berat, juga karena cedera sejumlah pemain,” tutur Edmilson.

“Kami sedikit khawatir, tapi kami tahu skuad ini sangat berkualitas.”

Akhir Siklus?
Mau tak mau, Edmilson jadi membandingkan situasi Barca yang sekarang dengan era terakhir Rijkaard. Jika dugaannya benar, berarti Barca yang sekarang sedang mendekati akhir siklus mereka – seperti selayaknya tim-tim besar lain.

“Mungkin ini mengingatkan saya pada siklus tim. Banyak pemain muda yang datang, juga ada pemain-pemain lain berpengalaman,” lanjut Edmilson.

“Namun, sepertinya ada perubahan dalam tim, yang berarti ada perubahan pada gaya bermain, pada mentalitas, sikap tim. Itu wajar.”

“Masih terlalu awal untuk menarik kesempulan apa pun. Namun, jika sampai akhir musim situasinya tidak berjalan lebih baik, mereka harus membuat keputusan berani,” imbuhnya.

Belum Sesuai Harapan
Lebih lanjut, Edmilson tahu Barca yang sekarang masih belum sesuai harapan. Dia tidak bisa bicara banyak karena berdiri di posisi eksternal, yang jelas Barca harus lebih menyatu.

“Sepak bola adalah olahraga kolektif. Para pemain muda harus percaya diri dan para veteran, ketika segalanya berjalan buruk, harus bisa membantu,” sambung Edmilson.

“Sulit mengatakan banyak hal ketika Anda tidak berada di sana sehari-hari, tapi berdasarkan apa yang saya baca dan lihat di media, kita masih mengharapkan Barca yang lebih baik,” tandasnya.

Editor :Jhon.W

Barcalona Kejayaan Laliga

Related Post

Leave a reply

Tirto.ID
Loading...