Home Health 5 Cara Usir Gatal di Kepala Dan Usir Ketombe Secara Alami

5 Cara Usir Gatal di Kepala Dan Usir Ketombe Secara Alami

KORDANEWS – Anda sudah mencoba berbagai jenis sampo antiketombe, tapi ketombe di kepala tetap membandel? Mungkin ini saatnya menerapkan cara menghilangkan ketombe secara alami dengan bahan-bahan yang terdapat di rumah Anda. Tidak perlu kesal lagi karena gatal di kepala, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda coba.

Cara menghilangkan ketombe secara alami tanpa repot
1. Mencampur sampo dengan teatree oil
Teatree oil alias minyak pohon teh memiliki kandungan yang dapat melawan bakteri dan jamur sehingga berguna untuk mengatasi masalah jamur kuku, jerawat, ketombe, bahkan kutu air. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa mencampur 5% minyak pohon teh dengan sampo dapat membantu mengatasi masalah ketombe di kepala.

2. Memijat kepala dengan minyak kelapa
Minyak kelapa mengandung asam lemak bersifat antimikroba dan antijamur sehingga dapat membantu Anda membasmi mikroba yang memicu timbulnya ketombe. Sebelum mandi, coba pijat lembut kepala Anda dengan 3-4 sendok makan minyak kelapa. Diamkan selama satu jam, lalu bersihkan dengan sampo dan bilas seperti biasa.

3. Menggunakan minyak zaitun
Minyak zaitun juga dapat digunakan bila Anda ingin menerapkan cara menghilangkan ketombe secara alami. Balurkan pada rambut Anda, lalu gunakan sisir untuk meratakannya ke seluruh bagian rambut. Akan tetapi, jangan menggunakannya terlalu banyak.

4. Menggunakan lidah buaya
Lidah buaya mengandung pektin. Zat ini dapat merangsang sel untuk membelah diri dan tumbuh sehingga kulit kepala Anda terbebas dari sel kulit mati pemicu ketombe. Caranya, balurkan gel dari tanaman lidah buaya sebelum tidur. Biarkan semalaman, lalu bilas esok harinya menggunakan air bersuhu suam-suam kuku.

5. Mencampurkan putih telur dengan sari jeruk nipis
Protein dalam telur amat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Sementara itu, vitamin C pada jeruk nipis dapat melindungi kulit kepala dari radikal bebas, mendorong produksi kolagen, serta meningkatkan aliran darah sehingga kesehatan kulit kepala terjaga. Cukup campurkan dua putih telur dengan sari dari satu buah jeruk nipis. Balurkan pada kepala Anda selama setengah jam, lalu cuci rambut Anda.

Menerapkan cara menghilangkan ketombe secara alami tentunya akan memakan waktu. Jadi, jangan menyerah jika hasilnya belum terlihat selama beberapa hari ke depan. Dengan mencoba berbagai cara, Anda mungkin dapat menemukan trik yang paling sesuai dengan kondisi kulit kepala Anda.

Editor : John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here