Home Health Obat Bisul Alami Dan Cara Mengatasinya Di Rumah

Obat Bisul Alami Dan Cara Mengatasinya Di Rumah

KORDANEWS – Ada banyak pilihan obat bisul alami maupun secara medis yang diproduksi oleh industri farmasi. Secara medis kebanyakan berupa salep atau biasa disebut salep bisul. Apa saja obatdan cara mengobati yang ampuh agar bisul cepat sembuh!

Apa Itu Bisul?
Bisul adalah benjolan yang muncul karena adanya peradangan folikel rambut yang disertai infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Di dalam bisul terdapat nanah yang merupakan sel-sel darah putih yang ‘kalah’ melawan bakteri Staphylococcus aureus.

Umumnya, area tubuh yang kerap kali bisulan adalah area tubuh yang berambut terutama pada bagian lipatan seperti ketiak, selangkangan, leher, dan lainnya. Orang-orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki peluang lebih besar untuk bisulan.

Obat Bisul Alami dan Cara Mengatasinya di Rumah
Meskipun mengganggu dan merusak penampilan, bisul adalah sebuah kondisi yang dapat dan mudah diobati. Berikut ini adalah cara mengobati bisul secara alami yang bisa dilakukan:

1. Menjaga Kebersihan
Cara mengobati bisul yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan. Mandilah secara teratur, yaitu dua kali sehari (pagi dan sore hari) agar bakteri penyebab bisul secara berangsung berkurang.

Selain mandi teratur, gantilah pakaian secara teratur dan pastikan untuk selalu memakai pakaian yang bersih. Pada anak-anak, ingatkan untuk selalu rajin mencuci tangan setiap kali mereka selesai bermain di luar atau bersama teman.

2. Mandi dengan Sabun Antiseptik
Salah satu obat bisul alami adalah dengan menggunakan sabun antiseptik. Jika Anda sering mengalami bisulan maka mandilah sehari dua kali dengan menggunakan sabun antiseptik. Sabun antiseptik mengandung triclosan yang mampu membunuh bakteri Staphylococcus aureus.

3. Mandi Khusus
Cara mengobati bisul secara alami atau tanpa memakai obat bisul kimia adalah dengan melakukan bleach baths atau mandi pemutih. Anda bisa melakukan bleach baths sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah 40 galon air hangat dan 1/2 cangkir pemutih atau chlorin. Tuanglah kedua bahan tersebut ke dalam bak mandi. Setelah itu, Anda bisa berendam di dalam bak selama 15 menit. Lakukan ini seminggu dua kali.

4. Kompres Hangat
Pengobatan bisul ini bisa dilakukan dengan memberikan kompres hangat pada area tubuh yang terdapat bisul. Pemberian kompres hangat dapat membuat nanah di dalam bisul lebih cepat keluar karena bisul terbuka.

Editor: John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here