Home Kriminal Kepepet Tak Punya Uang, Pemuda Asal Lahat Nekat Curi Motor

Kepepet Tak Punya Uang, Pemuda Asal Lahat Nekat Curi Motor

KORDANEWS – Alasan kepepet alias buntu, membuat tersangka Irwan Saputra (21) nekat menggasak motor milik korban Lina Budiarti (42). Pelaku sempat buron dari kejaran polisi, namun curanmor ini berhasil dicokok anggota Polsek Kikim Barat, Minggu (24/10/2021).

Cara yang dilakukan tersangka untuk memuluskan niat jahatnya ini terjadi pada tanggal (9/7/2021). Awalnya korban memakirkan kendaraan sepeda motor Honda Beat warna hitam BG 3184 ADF di warung usahanya, dengan kondisi mesin off. Namun posisi kunci kontak motor masih menempel. Saat itu korban sedang menurunkan belanjaannya untuk dimasukkan ke dalam warungnya.

Namun kesempatan itu dimanfaatkan oleh pelaku Irwan, dengan secara diam-diam mengambil dan membawa sepeda motor milik korban. Lantas akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kikim Barat.

Kapolres Lahat, AKBP Achmad Gusti Hartono SIK melalui Kapolsek Kikim Barat, Iptu Edy Syam Putra mengungkapkan berawal dari laporan korban dan informasi keberadaan pelaku dari warga.

Lantas, Ia memerintahkan Kanit Reskrim dan anggota dijajaranya untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku. Akhirnya pelaku berhasil dibekuk di kediamannya dan diamankan ke Polsek Kikim Barat.

“Pada saat dilakukan pemeriksaan, pelaku mengakui perbuatannya dan tersangka telah menjualkan sepeda motor milik korban di Kabupaten OKU Selatan,” ungkapnya didampingi Kasi Penmas Humas Polres Lahat, Aiptu Liespono SH.

Dikatakannya, pelaku yang merupakan warga Desa Beringin Jaya, Kecamatan Kikim Selatan, Lahat ini pernah menjalani hukuman perkara curat (pencurian dengan pemberatan) buah sawit. Namun sayangnya kembali berulah dan berbuat tindak pidana kejahatan.

“Untuk kasus curanmor yang dilakukan oleh tersangka, merupakan pertama kali dilakukan olehnya,” ujarnya.

Sementara, pelaku dijerat pasal 362 KUHPidana pencurian, dengan hukuman penjara, selama-lamanya 5 tahun. “Pelaku sudah diamankan. Begitu juga BB STNK,” tutupnya.

Editor : Admin.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here