Home Health Mengatasi Mata Belekan

Mengatasi Mata Belekan

KORDANEWS – Mata belekan sebenarnya merupakan hal yang normal dan wajar terjadi, apalagi saat bangun tidur di pagi hari. Kondisi ini biasanya dapat hilang dengan cara dibersihkan menggunakan air atau dilap dengan handuk bersih.

Namun, mata belekan juga bisa menjadi tanda infeksi atau peradangan apabila disertai dengan gejala lain, seperti mata merah, gatal, perih, atau sensitif terhadap cahaya, penglihatan kabur, serta belekan berwarna kuning, hijau, maupun abu-abu.

Meskipun tidak berbahaya, mata belekan bisa mengganggu penampilan. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan berbagai cara mengatasi mata belekan yang aman dan ampuh.

Berbagai Cara Mengatasi Mata Belekan
Cara mengatasi mata belekan yang terbaik perlu disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. Ada beberapa penanganan yang bisa dilakukan untuk mengurangi keluhan ini, mulai dari yang alami hingga medis.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi mata belekan:

1. Gunakan kompres hangat
Cara mengatasi mata belekan yang mudah dilakukan adalah dengan menggunakan kompres hangat. Kompres hangat dapat mengatasi maya belekan yang disebabkan oleh konjungtivits. Selain itu, kompres hangat juga dapat meredakan gejala mata kering.

Cara melakukan kompres hangat cukup mudah, Anda cukup merendam handuk bersih ke dalam baskom berisi air hangat, kemudian peras. Lipat handuk dan letakkan pada mata yang belekan selama beberapa menit.

Jika handuk mulai dingin, Anda dapat mengulangi proses ini. Pastikan Anda mengganti handuk tiap kali mengulang proses ini.

Selain kompres hangat, Anda juga bisa mengompres mata belekan menggunakan kompres ingin. Cara melakukannya sama, hanya air yang digunakan untuk merendam adalah air dingin.

2. Kompres mata dengan kantong teh
Mengompres mata dengan kantong teh dingin dapat dilakukan untuk mengatasi mata belekan yang disebabkan oleh infeksi mata. Beberapa jenis teh, seperti teh hijau, teh hitam, dan chamomile, memiliki sifat antiradang yang bisa mengatasi infeksi sekaligus menyejukkan mata.

Cara mengatasi mata belekan dengan kompres kantong teh bisa Anda lakukan dengan menyeduh teh seperti biasa, meletakkan kantong teh tersebut ke dalam wadah bersih, lalu memasukkannya ke dalam kulkas semalaman. Keesokan paginya, Anda bisa mengompreskan kantoh teh yang sudah dingin ke mata belekan selama beberapa menit.

3. Bersihkan dengan air mawar
Air mawar memiliki sifat antiinfeksi dan antiradang yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah mata, seperti konjungtivitis dan mata kering, yang dapat menjadi penyebab mata belekan. Sebagai cara mengatasi mata belekan, Anda bisa membersihkan mata menggunakan air mawar di pagi atau malam hari.

Meskipun dipercaya efektif, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui efektifitas dan kemungkinan efek samping cara mengatasi mata belekan dengan menggunakan bahan tersebut.

Editor :jhon.k

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here