Home Sumsel Ombudsman RI Perwakilan Sumsel Berikan Pujian Kualitas Pelayanan Publik Pemkot Palembang

Ombudsman RI Perwakilan Sumsel Berikan Pujian Kualitas Pelayanan Publik Pemkot Palembang

KORDANEWS-M Adrian Agustiansyah selaku Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Selatan, berikan pujian kepada Pemkot (Pemerintah Kota) Palembang atas kualitas pelayanan publiknya. Beberapa indikator yang menjadi penilaian oleh pihak Ombudsman diantaranya meliputi sektor pendidikan, kesehatan hingga perizinan.
Hal tersebut membuat M Adrian Agustiansyah selaku Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Selatan juga mengapresiasi langkah Pj Walikota Ratu Dewa yang turun langsung ke lapangan meninjau dan memperbaiki lampu penerangan jalan dan di nilai berhasil meraih penghargaan predikat penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik dengan nilai 93,75 zona hijau kualitas tertinggi dari Ombudsman RI.
Selanjutnya, Ombudsman melakukan penilaian kepatuhan penyelanggaraan publik terhadap pejabat di lingkungan Pemkot Palembang. Puskesmas Kampus berhasil berada di peringkat pertama, lalu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), kemudian Puskesmas Makrayu peringkat ketiga. Posisi keempat Dinas Sosial, kelima
Dinas Kependudukan & Catatan Sipil (Disdukcapil) dan yang keenam Dinas Pendidikan.
Acara penyerahan hasil Penilaian kepatuhan standar pelayanan publik Ombudsman tahun 2023 berlangsung di Rumah Dinas Walikota Palembang.
Disampaikan Ratu Dewa selaku PJ Walikota Palembang, untuk membuat pelayanan publik yang maksimal dibutuhkan komitmen dari seorang pimpinan yang berkaitan dengan integritas.
“Kalau pemimpin punya integritas maka orang yang kita pimpin apapun bisa dilakukan, maka dari itu harapan saya komitmen dan integritas jadi kata kunci setelah itu tindak kita di lapangan. Kemudian para pimpinan harus profesional, terlebih lagi dalam bidang pelayanan masyarakat.” tutur Ratu Dewa.
Lebih lanjut dirinya berharap komitmen ini diimplementasikan dalam memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat dan juga mengapresiasi Puskesmas Kampus yang berhasil menjadi peringkat pertama dalam penilaian Ombudsman.
“Kepala puskesmasnya kita umroh kan, nanti juga diberikan grade puskesmas yang paling bagus sebagai bentuk apresiasi. Selamat kepada para pemenang penilaian dan ini adalah pemicu, kedepan kami terus butuh pendampingan Ombudsman,” tutup Ratu Dewa.
Kepala Ombudsman RI  Perwakilan Sumatera Selatan, M Adrian Agustiansyah mengatakan, Palembang secara angka mengalami peningkatan yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.
“Kami maknai ini sebagai kompetisi hal yang baik, semua berlomba meningkat kan pelayanan publik dan Palembang secara umum kami menilai layanan publik sudah baik, banyak aduan yang rutin diterima Ombudsman sebelumnya kini mulai berkurang, Dinas pendidikan sudah jauh berkurang dan juga aduan lainya. Dalam satu sisi kami melihat, bahwa teman-teman cepat menindak lanjuti laporan di Ombudsman tahun ini,” ujarnya.
“Selain itu, pihak Ombudsman juga sudah melakukan kajian tentang lampu jalan yang juga telah kami serahkan kajian nya. Salah-satunya kami minta perhatian Pemkot Palembang untuk menganggarkan perbaikan dan pemeliharaan lampu jalan dan kami sudah liat action bapak Pj Walikota langsung memperbaiki ruas ruas jalan dan yang lapor di Ombudsman jauh berkurang dan ini juga kita maknai secara positif,” pungkasnya. (eh)
Editor : Admin
Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here