Home Opini Pentingnya Konsentrasi Belajar Dalam Menunjang Prestasi Yang Baik

Pentingnya Konsentrasi Belajar Dalam Menunjang Prestasi Yang Baik

BELAJAR merupakan proses interaksi antara individu dengan sumber belajar yanng menghasilkan suatu perubahan, tingkah laku, dan pola pikir seseorang. Pada dasarnya tujuan utama dari kegiatan belajar mengajar agar siswa menguasai materi pelajaran sesuai dengan kompetisi yang diterapkan. Kegiatan belajar mengajar di kelas tak dapat dilepaskan dari peranan guru sebagai fasilitator dan juga motivator yang menjadi satu komponen penting dalam berlangsungnya proses pembelajaran yang efektif.

Proses kegiatan belajar dan mengajar yang efektif memerlukan kosntrasi yang baik dari peserta didik. Konsentrasi belajar merupakan faktor penentu keberhasilan siswa dalam menyerap ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh pendidik pada saat kegiatan mengajar di kelas. Konsentrasi belajar adalah sebuah pemusatan pemikiran atau terpusatnya perhatian terhadap informasi yang diperoleh seorang peserta didik selama proses belajar mengajar, Femi Olivia (2008 :40).

Konsentrasi belajar dapat ditunjukkan oleh beberapa hal diantaranya fokus pandangan, adanya perhatian, kemampuan psikomotorik yang baik. Konsentrasi belajar yang baik dapat menghasilkan hasil belajar yang baik pula oleh karena itu peserta didik wajib memiliki sikap konsentrasi dalam belajar untuk meraih hasil terbaiknya. Banyak keuntungan yang didapatkan ketika peserta didik tersebut memiliki konsentrasi yang baik dalam proses pembelajaran diantaranya siswa akan lebih mudah dan cepat menguasai materi ajar yang disampaikan oleh pendidik.

Siswa yang memiliki konsentrasi dalam kegiatan belajar mengajar juga merupakan salah satu tanda bahwa ia sedang aktif belajar. Konsentrasi belajar yang baik wajib ditumbuhkan sejak masa sekolah dasar (SD), sehingga ketika mereka beranjak dewasa akan memiliki konsentrasi yang baik. Contohnya di SD Negeri 143 Palembang adalah sekolah yang menghasruskan peserta didiknya memiliki konsentrasi yang baik dalam kegiatan belajar mengajar sehingga mereka dapat meraih hasil yang memuaskan.

Salah satu kelas yang menjadi bahan observasi saya yaitu kelas IV A dimana siswa disana memiliki konsentrasi belajar yang baik ketika mengerjakan suatu tugas yang diberikan oleh guru dan konsentrasi yang baik juga ketika guru sedang menjelaskan materi yang diajarkan. Penerapan yang baik ini seharusnya diterapkan juga di sekolah lain agar siswa nya memiliki prestasi yang gemilang.

Penulis : M. Muchlis Akbar
Mahasiswa UIN Raden Fatah Prodi PGMI 2017

Editor : Chandra Baturajo.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here