Home Sumsel Pj Gubernur Agus Fatoni Usulkan Pelebaran Jalan Palembang – Betung ke Kementerian...

Pj Gubernur Agus Fatoni Usulkan Pelebaran Jalan Palembang – Betung ke Kementerian PUPR Guna Atasi Kemacetan Panjang

Kordanews – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengusulkan pelebaran Jalan Palembang – Betung, terutama di Simpang Y Pasar Betung, Kabupaten Banyuasin. Hal ini dilakukan agar kemacetan parah pada momen mudik lebaran tahun 2024 ini tidak terulang kembali kedepannya.

“Nanti mudah mudahan tahun depan di jalur ini kita harap ada pelebaran jalan sedikit. Karena ini jalan nasional akan kami sampaikan usulan ke kementerian PUPR. Sehingga kemacetan tidak terjadi lagi,” kata Fatoni saat meninjau lalu lintas mudik lebaran di Pos Pengamanan Lebaran Tahun 2024 di Pos Betung, Polres Banyuasin, Kabupaten Banyuasin atau Simpang Y, Sumatera Selatan, Senin (8/4/2024).

Fatoni mengaku sengaja meninjau langsung ke lapangan, terutama di Pasar Betung KM 67 dikarenakan lokasi ini rawan kemacetan. Dia mengatakan salah satu yang menyebabkan kemacetan adalah adanya penyempitan jalan.

Dia menilai jika kemacetan di ruas Palembang-Betung tak terjadi hanya karena penyempitan jalan dan ulah saling serobot kendaraan. Beberapa masalah juga diakibatkan pasar tumpah ruah, sehingga banyak kendaraan menggunakan bahu jalan untuk berhenti berbelanja.

“Sering macet karena terjadi penumpukan dan penggabungan arus dari arah Jambi itu, termasuk dari Sekayu bertemu di sini. Begitu juga kendaraan dari Palembang,” jelas dia.

Guna mengatasi kemaetan tersebut, Fatoni bekerjasama dengan pihak kepolisian lalu lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP untuk mengurai kemacetan. Langkah antisipasi tersebut akan dilakukan hingga arus balik mendatang.

“Manakala ada kemacetan agar segera diurai dan kita bisa mengantisipasi agar kemacetan tidak terjadi lagi,” ucap Fatoni.

Selain meninjau pos pengamanan tersebut, Fatoni juga menyerahkan bantuan kepada petugas yang berada di Pos Pengamanan Lebaran Tahun 2024 di Pos Betung, Polres Banyuasin. Tak hanya di lokasi tersebut, dia juga meninjau sekaligus memberikan bantuan di Pos Pengamanan Lebaran 2024 yang berlokasi di Pos Pangkalan Balai.

Dalam tinjauannya kali ini Fatoni didampingi oleh Dir Samapta Polda Sumsel Kombes Pol Budi Mulyanto, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sumsel Edward Chandra, Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Sumsel Ari Narsa, Kasat Pol PP Aris Saputra dan Kepala Dinas Kesehatan Trisnawarman. Mereka memulai peninjauan di KM 67 tepatnya di Pos Pengamanan Lebaran Tahun 2024 di Pos Betung, Polres Banyuasin Kabupaten Banyuasin atau Simpang Y.

Editor : Admin

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here