Home Kriminal Duterte Memperbaharui Undang Undang Ancaman Membunuh Bandar Narkoba

Duterte Memperbaharui Undang Undang Ancaman Membunuh Bandar Narkoba

KORDANEWS – Presiden Rodrigo Duterte memperbarui pada hari Jumat ancaman untuk membunuh pengedar narkoba setelah Filipina menyita 756kg (1,667 lbs) metamfetamin kristal hanya sehari setelah PBB menemukan “nyaris impunitas” dalam perang narkoba yang telah menentukan pemerintahannya.

Obat-obatan itu, dengan nilai pasar yang diperkirakan oleh polisi sekitar 5,1 miliar peso ($ 102 juta), adalah salah satu penyitaan terbesar dalam beberapa tahun terakhir, dan Duterte mengatakan itu adalah bukti bahwa Filipina telah menjadi titik pengiriman ulang untuk obat-obatan terlarang.

“Jika Anda menghancurkan negara saya mendistribusikan shabu senilai 5,1 miliar peso … saya akan membunuh Anda,” kata Duterte dalam pidatonya, merujuk pada narkoba.

“Perang melawan narkoba” telah menjadi landasan kepresidenan Duterte sejak ia berkuasa di Filipina pada 2016, meskipun ada kecaman dari para penentang dan kelompok-kelompok hak asasi manusia atas pelanggaran yang meluas.

PBB mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Kamis bahwa puluhan ribu orang mungkin telah tewas di tengah “impunitas dekat” untuk polisi dan hasutan untuk melakukan kekerasan oleh para pejabat tinggi.

Data pemerintah menyebutkan jumlah tersangka pengedar narkoba dan pengguna yang terbunuh dalam operasi anti-narkotika sejak Juli 2016 mencapai 5.600.

‘Kegagalan hina’
Kelompok-kelompok HAM menuduh polisi melakukan ringkasan eksekusi. Polisi membantah tuduhan itu, mengatakan bahwa mereka telah bertindak membela diri ketika tersangka menentang penangkapan.

Kantor Duterte membantah laporan PBB itu sebagai “pengulangan klaim” dan tuduhan impunitas itu tidak berdasar.

Phil Robertson, wakil direktur divisi Asia untuk Hak Asasi Manusia, mengatakan temuan PBB menyoroti “hampir total” kurangnya akuntabilitas dan “kegagalan besar” keadilan di negara itu.

“Dengan Presiden Duterte terus mendesak para pengguna narkoba, yang disebut kaum kiri dan bahkan pelanggar perintah karantina atau jam malam COVID-19, ada kemungkinan kecil bahwa mekanisme nasional akan meminta pertanggungjawaban siapa pun atas pembantaian perang narkoba yang telah menewaskan ribuan orang. Orang Filipina, “kata Robertson dalam sebuah pernyataan menyusul rilis laporan PBB itu.

Duterte tidak mengatakan dari mana obat itu diyakini berasal, tetapi mengatakan Filipina adalah pusat pengiriman ulang untuk kartel narkoba Meksiko.

Duterte juga menghina kelompok-kelompok hak asasi manusia karena mengkritik kampanye anti-narkotika.(Aljazeera)

Editor: John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here